Pengertian
PBX ( Private Branch Exchange)
PBX atau private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang
melayani pertukaran telepon dengan
pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari
publik ke telepon perusahaan
atau jaringan telepon dari
perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk
publik.
PBX
menghubungkan antara telepon dalam
perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam
perusahaan dengan jaringan telepon publik
(PSTN – public switched telephone network)
melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan
penerima melalui (central office).
Jaringan
ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem,
dan hal lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk.
Oleh karena itu, telepon dengan
sistem PBX tidak hanya berfungsi untuk kegiatan telepon, namun juga dapat mengirim fax atau
modem akses internet.
Awalnya,
keuntungan utama dengan sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan telepon internal;
dan menghindari ‘tabrakan’ jaringan telepon internal
dalam suatu perusahaan. Dari sinilah, PBX mulai dikembangkan dan popular.
Layanan awal yang disediakan PBX sistem tidak mencakup hunt groups, call forwading, danextension
dialing (misal: 4632).
Barulah pada tahun 1960,
PBX disimulasikan dan kemudian dikenal dengan sistem Centrex. Centrex juga
melayani fitur serupa dengan PBX yang berasal dari pusat jaringan telepon.
PBX
dibedakan dari ‘sistem kunci’ yang dilakukan pengguna secara manual ketika ia
menekan nomor tujuan. Maka dari itu, secara otomatis PBX akan menuju jalur
sesuai dengan nomor yang dituju pengguna. Sistem ini disebut dengan Hybrid systems.
‘Sistem kunci ini dibuat dengan memilih jalur keluar khusus dengan menekan
nomor eksternal. Namun, sistem PBX memiliki kode telepon untuk menghubungkan satu saluran
dengan saluran luar (DDCO –
direct dial central office), dan
diikuti dengan nomor eksternal. Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk
melakukan panggilan telepon secara
internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di Central Office maupun di DDCO.
Macam PBX ada 2 :
Secara garis besar PABX ada 2 macam, yaitu:
a.
Digital PABX
·
Jenis ini biasanya memakai kabel telepon 4-kawat dan
pesawat telepon Extension yang juga Digital.
·
Pesawat telepon Digital harganya mahal sekali, sekitar Rp
1.000.000 per buah. Mahalnya seperti harga Key Telephone yang juga memakai
kabel tilpon 4-kawat.
·
Key Telephone adalah semacam PABX dimana masing-masing
pesawat teleponnya bisa berfungsi sebagai Operator Console.
b.
Analog PABX
·
Jenis ini memakai kabel telepon 2-kawat dan pesawat
telepon Extension yang juga Analog (Tone dial).
·
Pesawat telepon Analog relatif murah, sekitar Rp 75.000
per buah untuk kualitas yang cukup baik.
Teknologi PABX mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut :
1.
Bisa sampai diatas 1000 pelanggan.
2.
Memiliki jarak jangkauan sampai 5 km tanpa pengulang.
3.
Bisa dihubungkan secara digital trunking dengan PABX lainnya.
4.
Bisa dipakai untuk komunikasi data dengan Internet
Protocol.
5.
Tingkat keamanan yang cukup baik.
6.
Bisa diakses dengan wireless PABX lainnya untuk jangkauan
yang lebih jauh.
7.
Fitur pelayanan yang semakin banyak, seperti call
waiting, call fowarding,call conference, wake_up call dll.
8.
Direct In Dialling (DID) ke pelanggan tertentu.
9.
Direct Out Dialling (DOD) bagi semua pelanggan yang
tercatat.
10.
Billing System dimasing-masing pelanggan.
Fungsi PBX
Sistem PBX secara fungsional
memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
·
Membuat
koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk
memastikan jaringantelepon tidak sibuk)
·
Menjaga
koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim
dengan penerima pesan)
·
Menyediakan
informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan
atau metering call)
Selain fungsi dasar di atas, PBX
juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu
saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian,
fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya. Kemampuan umum
tersebut meliputi :
·
Layanan
otomatis panggilan
·
Layanan
otomatis direktori (dimana pemanggil dapat dialihkan ke karyawan yang diberikan
dengan memasukkan huruf nama karyawan tersebut)
·
Layanan
otomatis nada tunggu
·
Metering
call atau tampilan waktu panggilan
·
Memblokir
panggilan
·
Panggilan pick-up
·
Transfer
panggilan
·
Panggilan
tunggu
·
Modifikasi
kata sambutan
·
Panggilan
cepat
·
Direct
Inward Dialing (dapat melakukan panggilan telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa
disebut telekonferensi)
·
DISA - direct inward system access
adalah kemampuan melakukan panggilan dari internal ke saluran telepon luar
·
Follow-me merupakan rute panggilan yang
masuk hingga akhirnya panggilan dijawab atau pada tahap telepon dialihkan ke sistem surat suara. Sistem ini dikonfigurasi dengan daftar nomor seseorang.
·
Respon
interaktif suara
Fitur dan Layanan
·
Automatic
Route Selection
·
Account
Code
·
Absen
Message
·
Back
Ground Music
·
Budget
Management
·
Busy
On Busy
·
Class
Of Service
·
Call
Park
·
Call
Forward
·
Call
Transfer
·
Call
Pick Up
·
Data
Line Security
·
Delayed
Ringing
·
Ext
Lock
·
Emergency
Call
·
External
BGM
·
Flexible
Numbering
·
Greeting
Message
·
Hunting
Groups
·
Incoming
Groups
·
Hunting
Groups
·
Line
Monitor
·
Manager
Function
·
Paging
Groups
·
SMDR
·
Layanan
musik tunggu
·
Pesan
pembuka atau sambutan (misal, selamat datang di layanan cellular
operators)
Proses Kerja PBX server softswitch
1.
Ketika pelanggan pemanggil off hook, secara otomatis kita
mengirim sinyal ke PABX yang PABX mengerti (dial tone),
2.
Kemudian ketika mendial digit, PABX mengetahui apakah ini
merupakan panggilan internal atau external.
3.
Proses routing dimulai. Jika internal maka dikirim ke
PABX tidakmenggunakan “trunk”pada sisi luar.
4.
jika
external,dimulai dengan mencari nomor-nomor yang kita dial lalu mengirim
informasi ke Central Office.
Kelebihan dan kekurangan IPPBX
Kelebihan
- Jika kantor baru atau gedung baru tidak perlu tarik 2 kabel, (kabel telpon (RJ11) dan kabel LAN (RJ45)) dalam 1 bangunan kantor. Cukup tarik semua pake kabel LAN (RJ45) karena IPPhone bisa menggunakan kabel LAN biasa.
- Tidak perlu beli perangkat PABX, cukup PC yang sudah di Install & di setting IPPBX, jumlah Extention juga tidak terbatas pada perangkat yang tersedia. Contoh : PANASONIC KX-TEB308ND cuma bisa menyediakan 8 extention, bandingan dengan IPPBX yang bisa menampung hingga 100 extention cukup dengan 1 pc.
- Sisi management jadi lebih mudah misal : penambahan extention cukup beli switch / hub, kabel LAN dan ipphone.
- IPPBX juga sudah support untuk billing jadi bisa memantau user dengan extention tertentu sering telp ke HP siapa.
- Jika kantor mempunyai cabang di daerah tertentu atau beda gedung bisa menggunakan koneksi internet, sehingga biaya telp jadi lebih murah.
Kekurangan
- Kekurangan IPPBX kebanyakan pada bandwidth yang tersedia. Kalo di LAN mungkin ga masalah karena switch sekarang udah 100 Mbps semua malah ada yang udah 1000 Mbps.
- Harga ipphone masih tergolong mahal di banding pesawat telp analog biasa. Tapi seiring waktu makin hari makin turun harga ipphone.
Pengertian PABX
Pengertian PABX Adalah Perangkat
Switching Berupa Sentral Telepon Otomatis Yang Mempunyai Fungsi Menghubungkan
Antara Beberapa Tempat. Di Asia, Khususnya Indonesia Disebut PABX (Private
Automatic Branch Exchange) Sedangkan Telkom Menyebutnya STLO (Sentral Telepon
Lokal Otomatis). Di Eropa, Perangkat Ini Disebut PBX (Private Branch Exchange).
Layanan Yang Di Berikan Oleh PABX Terbagi Menjadi Dua. Yaitu :
Layanan Yang Di Berikan Oleh PABX Terbagi Menjadi Dua. Yaitu :
- Komunikasi Internal : Komunikasi Yang Dilakukan Dengan Ruang Lingkup PABX Saja Tanpa Bantuan Pihak Lain, Atau Biasa Disebut Interkom.
- Komunikasi Eksternal : Adalah Komunikasi Yang Dilakukan Extention PABX Dengan Menggunakan Bantuan Pihak Lain Seperti Atau Operator Telekomunikasi Lain, Contohnya Adalah Proses Penerimaan Telepon (Incoming Call) Dan Melakukan Panggilan Keluar (outgoing Call)
PABX
Sebenarnya Terdiri Dari 4 Bagian Utama, Yaitu :
- CPU (Central Processing Unit) Merupakan Bagian Yang Berfungsi Mengatur Atas Seluruh Fungsi Yang Dilakukan Oleh PABX Dan Juga Mengatur Seluruh Kerja Dari Bagian PABX Sytem.
- Switching Merupakan Bagian yang Mempunyai Fungsi Menangani Komunikasi Internal Yang Dilakukan Oleh Bagian Extention Dan Eksternal Yang Dilakukan Oleh Bagian CO Line Dan Extention.
- Call Control Software, Merupakan Bagian Yang Menangani Pendataan Terhadap Komunikasi Telepon Baik Internal Maupun Eksternal, Berupa Durasi Pembicaraan, Nomor Tujuan, Waktu Pembicaraan, Asal Panggilan Dan Pasword Yang Digunakan.
- Power Supply, Merupakan Bagian Yang Memiliki Fungsi Utama Sebagai Penyuplai Catu Daya Listrik Untuk Seluruh Bagian Perangkat PABX.
Secara Umum
PABX Berfungsi Untuk Menyediakan Sambungan Telepon Internal Dan Sebagai By Pass
Jika Akan Melakukan Telepon Keluar (Outgoing Call) dan By Pass Jika Datang
Panggilan Masuk (Incoming Call).
Gambar
cara kerja pabx
Cara kerja PABX adalah bahwa sesungguhnya
perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat.
Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing
(diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut
telah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau
untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke
tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.
Contoh Kegunaan PABX di Kantor
PABX juga dapat diprogram
sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum
diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat
memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke sebuah
mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.
PABX modern bahkan dapat diprogram dengan
sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem
ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke
tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon
karyawan yang tidak semestinya.
PABX juga dapat digunakan sebagai Auto
Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu
secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang
selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga
dapat melakukan conference call menggunakan PABX.
Jenis – Jenis PABX
Jenis – jenis PABX dapat dibagi menjadi 2, yaitu PABX Non
ISDN dan PABX ISDN. Anggota dari sebuah PABX dapat dibagi kedalam group-group
dimana dalam satu group maksimal terdapat 1000 member. Ide dasar ISDN adalah
penyatuan seluruh service ke dalam satu jaringan yang mampu menyediakan service
yang diharapkan pelanggan, dimana untuk kemudahan akses dan mendukung seluruh
tipe terminal dari pabrik yang berbeda digunakan interface akses yang standard
untuk keperluan seluruh akses yang digunakan. Ide tersebut didasari pada
kenyataan bahwa jaringan konvensional saat ini tidak efektif dan efisien,
terutama untuk penyediaan service baru dan permintaan hubungan komunikasi digital
yang semakin meningkat. ISDN merupakan pengembangan dari suatu jaringan telepon
IDN yang menyediakan hubungan digital dari suatu pelanggan ke ujung pelangggan
yang lain secara digital (end-to-end digital connectivity) untuk proses
transformasi informasi dalam bentuk suara, data, dan gambar. Dengan kata lain
Isdn mreupakan suatu jaringan digital yang mampu memberikan berbagai macam
layanan jasa telekomunikasi melalui suatu interface serba guna yag berlaku di
seluruh dunia. Sebelum adanya ISDN pelayanan jasa telekomunikasi dilaksanakan
melalui berbagai jaringan khusus yang masing-masing hanya mampu menyediakan
sekelompokjasa telekomunikasi tertentu
Tipe dan jenis
PABX DIGITAL
Adalah PABX yang
mempunyai output atau extention berupa data digital. untuk PABX jenis ini data
digital perlu dikonversikan dengan pesawat telepon khusus untuk dapat menjadi
suara. tiap-tiap merk mempunyai konversi digital yang berbeda dengan nama dan
istilah berbeda juga. contoh Merk Panasonic menyebutnya key telephone, Digital
phone. NEC menyebutnya multi line terminal.
PABX
ANALOG
Adalah PABX yang
mempunyai output analog atau extentionnya berupa sinyal analog, karena
menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus. Pesawat
telepon ini sama seperti yang digunakan dirumah yang dihubungkan PSTN dalam
istilah disebut Singgle Line Telephone (SLT).
PABX
Hybrid
Adalah PABX gabungan antara dua sistem diatas. Oleh
karena itu sistem ini mempunyai 4 cable(2pair-1 pair analog 1 pair digital)
pada setiap outputnya
4. Ip Pbx Adalah PABX yang hanya mengunakan protocol Ip untuk interconneksi ke pesawat pesawatnya. PABX IP mengunakan RJ45 untuk conneksinya
4. Ip Pbx Adalah PABX yang hanya mengunakan protocol Ip untuk interconneksi ke pesawat pesawatnya. PABX IP mengunakan RJ45 untuk conneksinya
Fitur dan layanan PABX
- Automatic Route Selection
- Account Code
- Absen Message
- Back Ground Music
- Budget Management
- Busy On Busy
- Class Of Service
- Call Park
- Call Forward
- Call Transfer
- Call Pick Up
- Data Line Security
- Delayed Ringing
- Ext Lock
- Emergency Call
- External BGM
- Flexible Numbering
- Greeting Message
- Hunting Groups
- Incoming Groups
- Hunting Groups
- Line Monitor
- Manager Function
- Paging Groups
- SMDR
Interkoneksi PABX
Pengertian interkoneksi pabx adalah, gabungan 2 atau
lebih pabx menjadi satu system kesatuan. Fungsinya untuk penghematan biaya,
contohnya jika sebuah perusahaan memiliki kantor pusat dan cabang, yang mungkin
cabang - cabang tersebut berada jauh di luar kota bahkan luar negri sekalipun.
Dengan di satukannya system pabx, maka untuk menghubungi cabang melalui telpon
tidak memerlukan biaya pulsa, cukup komunikasi internal saja.
Interconeksi antara 2 Pabx atau Lebih ada bebarapa Cara : 1. Interconneksi melalui jaringan Network yang di sebut dengan Conneksi IP 2. Interconneksi melalui system Tandem yaitu korban line co dan korban extension. 3. Interconneksi biasanya menggunakan System VPN .
Interconeksi antara 2 Pabx atau Lebih ada bebarapa Cara : 1. Interconneksi melalui jaringan Network yang di sebut dengan Conneksi IP 2. Interconneksi melalui system Tandem yaitu korban line co dan korban extension. 3. Interconneksi biasanya menggunakan System VPN .
Merk Dan Type PABX
1. Panasonic :
- A Series ( A 512 , A 1232, A3264 )Sudah tidak keluar atau tidak ada yang baru.
- HB Series ( HB 308, HB 616, HB 1232 )New Series
- HT Series ( TEB 308, TES 824, TEM 824 )New Series
- HT Series GARANSI ( TEB308 , TES 824 ) New Series
- TA Series ( TA 308, TA
- VB9 Series ( VB9250, VB9350 ) Old Series
- TDN Series ( TDN 1232 , TDN824 )Old Series
- TD 500 Series Old Series
- XH Series Old Series
- TDA Series ( TDA 100 D, TDA 100, TDA 200, TDA 600 ) New Series
- TDE Series ( TDE 100, TDE 200, TDE 600 ) New Series
- DBS Series Old Series
- NCP Series New IP PABX Series
- NS 1000 Series New IP PABX Series
2. NEC :
- Neax Series
- Ips Series
- Aspila Topaz
- Aspila Ex
- SL 1000 Resmi
- SV 8100 Resmi
- SV 8300 Black Market
- SV 8500 Black Market
3. Toshiba : No Rekomen
4. Samsung : No Rekomen
5. Nitsuko : TX 308 No Rekomen
6. MULAI TAHUN 2013 PABX LG-ERICCSON sudah berganti nama Menjadi : ERICSSON-LG
- Aria Soho
- iPECS MG
- iPECS LIK
7. Avaya : IP Office 500
8. Lucent : No Rekomen
9. Philips : No Rekomen
10. Transtel : No Rekomen
- TDS 600 Series( TDS 160 , TDS 320 , TDS 640 , TDS 1280 ) alasannya : " MILIK PRIBADI tidak ada Support dari Transtel ( Barang semua Rekondisi "
11. Siemens :
- Hipath Series ( Hipath 1120, 1150, 1190, 3500, 3500, 3800, 4000 )
12. Alcatel - Lucent : No Rekomen
- Oxo Lite 32
- Oxo Lite 48
- A Series ( A 512 , A 1232, A3264 )Sudah tidak keluar atau tidak ada yang baru.
- HB Series ( HB 308, HB 616, HB 1232 )New Series
- HT Series ( TEB 308, TES 824, TEM 824 )New Series
- HT Series GARANSI ( TEB308 , TES 824 ) New Series
- TA Series ( TA 308, TA
- VB9 Series ( VB9250, VB9350 ) Old Series
- TDN Series ( TDN 1232 , TDN824 )Old Series
- TD 500 Series Old Series
- XH Series Old Series
- TDA Series ( TDA 100 D, TDA 100, TDA 200, TDA 600 ) New Series
- TDE Series ( TDE 100, TDE 200, TDE 600 ) New Series
- DBS Series Old Series
- NCP Series New IP PABX Series
- NS 1000 Series New IP PABX Series
2. NEC :
- Neax Series
- Ips Series
- Aspila Topaz
- Aspila Ex
- SL 1000 Resmi
- SV 8100 Resmi
- SV 8300 Black Market
- SV 8500 Black Market
3. Toshiba : No Rekomen
4. Samsung : No Rekomen
5. Nitsuko : TX 308 No Rekomen
6. MULAI TAHUN 2013 PABX LG-ERICCSON sudah berganti nama Menjadi : ERICSSON-LG
- Aria Soho
- iPECS MG
- iPECS LIK
7. Avaya : IP Office 500
8. Lucent : No Rekomen
9. Philips : No Rekomen
10. Transtel : No Rekomen
- TDS 600 Series( TDS 160 , TDS 320 , TDS 640 , TDS 1280 ) alasannya : " MILIK PRIBADI tidak ada Support dari Transtel ( Barang semua Rekondisi "
11. Siemens :
- Hipath Series ( Hipath 1120, 1150, 1190, 3500, 3500, 3800, 4000 )
12. Alcatel - Lucent : No Rekomen
- Oxo Lite 32
- Oxo Lite 48
Perbedaan pbx dan pabx
PBX
sistem telepon yang
lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua
percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan. Teknologi ini
mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan
dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler
sedangkan PABX
PABX
PABX kepanjangan dari
Private Automatic Branch eXchange yaitu perangkat yang berfungsi sebagai
Pemusatan telepon, dalam suatu lokasi tertentu, misalnya : kantor, gedung,
perumahan, dll.
Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.
ok min, makasih sudah share
BalasHapussolder temperatur