Rabu, 04 Februari 2015

PBX DAN PABX



 Pengertian PBX ( Private Branch Exchange)

PBX atau private branch exchange adalah penyedia layanan telepon yang melayani pertukaran telepon dengan pusat di dalam suatu perusahaan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon perusahaan atau jaringan telepon dari perusahaan ke anak perusahaan lainnya di area yang lebih luas atau untuk publik.
PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon dalam perusahaan dengan jaringan telepon publik (PSTN  public switched telephone network) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui (central office).
Jaringan ini menggabungkan telepon dengan faksimile, modem, dan hal lain yang menjadi perpanjangan dari kemampuan PBX sistem melalui trunk. Oleh karena itu, telepon dengan sistem PBX tidak hanya berfungsi untuk kegiatan telepon, namun juga dapat mengirim fax atau modem akses internet.
Awalnya, keuntungan utama dengan sistem PBX ini adalah penghematan biaya pada panggilan telepon internal; dan menghindari ‘tabrakan’ jaringan telepon internal dalam suatu perusahaan. Dari sinilah, PBX mulai dikembangkan dan popular. Layanan awal yang disediakan PBX sistem tidak mencakup hunt groups, call forwading, danextension dialing (misal: 4632). Barulah pada tahun 1960, PBX disimulasikan dan kemudian dikenal dengan sistem Centrex. Centrex juga melayani fitur serupa dengan PBX yang berasal dari pusat jaringan telepon.
PBX dibedakan dari ‘sistem kunci’ yang dilakukan pengguna secara manual ketika ia menekan nomor tujuan. Maka dari itu, secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna. Sistem ini disebut dengan Hybrid systems. ‘Sistem kunci ini dibuat dengan memilih jalur keluar khusus dengan menekan nomor eksternal. Namun, sistem PBX memiliki kode telepon untuk menghubungkan satu saluran dengan saluran luar (DDCO direct dial central office), dan diikuti dengan nomor eksternal. Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di Central Office maupun di DDCO.

Macam PBX ada 2 :
Secara garis besar PABX ada 2 macam, yaitu:
a.       Digital PABX
·         Jenis ini biasanya memakai kabel telepon 4-kawat dan pesawat telepon Extension yang juga Digital.
·         Pesawat telepon Digital harganya mahal sekali, sekitar Rp 1.000.000 per buah. Mahalnya seperti harga Key Telephone yang juga memakai kabel tilpon 4-kawat.
·         Key Telephone adalah semacam PABX dimana masing-masing pesawat teleponnya bisa berfungsi sebagai Operator Console.

b.      Analog PABX
·         Jenis ini memakai kabel telepon 2-kawat dan pesawat telepon Extension yang juga Analog (Tone dial).
·         Pesawat telepon Analog relatif murah, sekitar Rp 75.000 per buah untuk kualitas yang cukup baik.
Teknologi PABX mempunyai beberapa karakteristik sebagai berikut :
1.      Bisa sampai diatas 1000 pelanggan.
2.      Memiliki jarak jangkauan sampai 5 km tanpa pengulang.
3.      Bisa dihubungkan secara digital trunking dengan PABX lainnya.
4.      Bisa dipakai untuk komunikasi data dengan Internet Protocol.
5.      Tingkat keamanan yang cukup baik.
6.      Bisa diakses dengan wireless PABX lainnya untuk jangkauan yang lebih jauh.
7.      Fitur pelayanan yang semakin banyak, seperti call waiting, call fowarding,call conference, wake_up call dll.
8.      Direct In Dialling (DID) ke pelanggan tertentu.
9.      Direct Out Dialling (DOD) bagi semua pelanggan yang tercatat.
10.  Billing System dimasing-masing pelanggan.


Fungsi PBX

Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolah utama, yakni :
·         Membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan telepon yang dituju (misalnya, pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringantelepon tidak sibuk)
·         Menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon (yaitu dengan menyalurkan sinyal suara antara pengirim dengan penerima pesan)
·         Mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon
·         Menyediakan informasi untuk kepentingan akuntansi (misal menampilkan lama waktu panggilan atau metering call)

Selain fungsi dasar di atas, PBX juga menawarkan layanan panggilan lain dan kemampuan umum lainnya yang tentu saja berbeda dengan layanan yang serupa dari sistem yang berbeda. Dan kemudian, fungsi-fungsi inilah yang membedakan PBX dengan sistem lainnya. Kemampuan umum tersebut meliputi :
·         Layanan otomatis panggilan
·         Layanan otomatis direktori (dimana pemanggil dapat dialihkan ke karyawan yang diberikan dengan memasukkan huruf nama karyawan tersebut)
·         Layanan otomatis nada tunggu
·         Metering call atau tampilan waktu panggilan
·         Memblokir panggilan
·         Pengalihan panggilan (dimana panggilan telepon sedang sibuk atau tidak diangkat)
·         Panggilan pick-up
·         Transfer panggilan
·         Panggilan tunggu
·         Panggilan konferensi
·         Modifikasi kata sambutan
·         Panggilan cepat
·         Direct Inward Dialing (dapat melakukan panggilan telepon ke banyak jaringan dalam satu area, biasa disebut telekonferensi)
·         DISA - direct inward system access adalah kemampuan melakukan panggilan dari internal ke saluran telepon luar
·         Follow-me merupakan rute panggilan yang masuk hingga akhirnya panggilan dijawab atau pada tahap telepon dialihkan ke sistem surat suara. Sistem ini dikonfigurasi dengan daftar nomor seseorang.
·         Respon interaktif suara


Fitur dan Layanan


·         Automatic Route Selection
·         Account Code
·         Absen Message
·         Back Ground Music
·         Budget Management
·         Busy On Busy
·         Class Of Service
·         Call Park
·         Call Forward
·         Call Transfer
·         Call Pick Up
·         Data Line Security
·         Delayed Ringing
·         Ext Lock
·         Emergency Call
·         External BGM
·         Flexible Numbering
·         Greeting Message
·         Hunting Groups
·         Incoming Groups
·         Hunting Groups
·         Line Monitor
·         Manager Function
·         Paging Groups
·         SMDR
·         Layanan musik tunggu
·         Surat suara
·         Kotak pesan (layanan bagi pengguna untuk mendengar surat suara jika telepon dialihkan)
·         Pesan pembuka atau sambutan (misal, selamat datang di layanan cellular operators)



 Proses Kerja PBX server softswitch

1.      Ketika pelanggan pemanggil off hook, secara otomatis kita mengirim sinyal ke PABX yang PABX mengerti (dial tone),
2.      Kemudian ketika mendial digit, PABX mengetahui apakah ini merupakan panggilan internal atau external.
3.      Proses routing dimulai. Jika internal maka dikirim ke PABX tidakmenggunakan “trunk”pada sisi luar.

 
4jika external,dimulai dengan mencari nomor-nomor yang kita dial lalu mengirim informasi ke Central Office.

 











Kelebihan dan kekurangan IPPBX
Kelebihan
  1. Jika kantor baru atau gedung baru tidak perlu tarik 2 kabel, (kabel telpon (RJ11) dan kabel LAN (RJ45)) dalam 1 bangunan kantor. Cukup tarik semua pake kabel LAN (RJ45) karena IPPhone bisa menggunakan kabel LAN biasa.
  2. Tidak perlu beli perangkat PABX, cukup PC yang sudah di Install & di setting IPPBX, jumlah Extention juga tidak terbatas pada perangkat yang tersedia. Contoh : PANASONIC KX-TEB308ND cuma bisa menyediakan 8 extention, bandingan dengan IPPBX yang bisa menampung hingga 100 extention cukup dengan 1 pc.
  3. Sisi management jadi lebih mudah misal : penambahan extention cukup beli switch / hub, kabel LAN dan ipphone.
  4. IPPBX juga sudah support untuk billing jadi bisa memantau user dengan extention tertentu sering telp ke HP siapa.
  5. Jika kantor mempunyai cabang di daerah tertentu atau beda gedung bisa menggunakan koneksi internet, sehingga biaya telp jadi lebih murah.
Kekurangan
  1. Kekurangan IPPBX kebanyakan pada bandwidth yang tersedia. Kalo di LAN mungkin ga masalah karena switch sekarang udah 100 Mbps semua malah ada yang udah 1000 Mbps.
  2. Harga ipphone masih tergolong mahal di banding pesawat telp analog biasa. Tapi seiring waktu makin hari makin turun harga ipphone.

Pengertian PABX
Pengertian PABX Adalah Perangkat Switching Berupa Sentral Telepon Otomatis Yang Mempunyai Fungsi Menghubungkan Antara Beberapa Tempat. Di Asia, Khususnya Indonesia Disebut PABX (Private Automatic Branch Exchange) Sedangkan Telkom Menyebutnya STLO (Sentral Telepon Lokal Otomatis). Di Eropa, Perangkat Ini Disebut PBX (Private Branch Exchange).

Layanan Yang Di Berikan Oleh PABX Terbagi Menjadi Dua. Yaitu :
  • Komunikasi Internal : Komunikasi Yang Dilakukan Dengan Ruang Lingkup PABX Saja Tanpa Bantuan Pihak Lain, Atau Biasa Disebut Interkom.
  • Komunikasi Eksternal : Adalah Komunikasi Yang Dilakukan Extention PABX Dengan Menggunakan Bantuan Pihak Lain Seperti Atau Operator Telekomunikasi Lain, Contohnya Adalah Proses Penerimaan Telepon (Incoming Call) Dan Melakukan Panggilan Keluar (outgoing Call)




PABX Sebenarnya Terdiri Dari 4 Bagian Utama, Yaitu :
  1. CPU (Central Processing Unit) Merupakan Bagian Yang Berfungsi  Mengatur Atas Seluruh Fungsi Yang Dilakukan Oleh PABX Dan Juga Mengatur Seluruh Kerja Dari Bagian PABX Sytem.
  2. Switching Merupakan Bagian yang Mempunyai Fungsi Menangani Komunikasi Internal Yang Dilakukan Oleh Bagian Extention Dan Eksternal Yang Dilakukan Oleh Bagian CO Line Dan Extention.
  3. Call Control Software, Merupakan Bagian Yang Menangani Pendataan Terhadap Komunikasi Telepon Baik Internal Maupun Eksternal, Berupa Durasi Pembicaraan, Nomor Tujuan, Waktu Pembicaraan, Asal Panggilan Dan Pasword Yang Digunakan.
  4. Power Supply, Merupakan Bagian Yang Memiliki Fungsi Utama Sebagai Penyuplai Catu Daya Listrik Untuk Seluruh Bagian Perangkat PABX.
Secara Umum PABX Berfungsi Untuk Menyediakan Sambungan Telepon Internal Dan Sebagai By Pass Jika Akan Melakukan Telepon Keluar (Outgoing Call) dan By Pass Jika Datang Panggilan Masuk (Incoming Call).

Gambar cara kerja pabx


Cara kerja PABX adalah bahwa sesungguhnya perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode tersebut.

Contoh Kegunaan PABX di Kantor

PABX juga dapat diprogram sehingga akan muncul greeting otomatis setiap kali ada telepon masuk sebelum diarahkan ke tujuan yang bersangkutan. Untuk tujuan fungsi fax, Anda dapat memprogram sambungan yang melalui control station tersebut menuju ke sebuah mesin fax, atau bahkan ke berbagai nomor tujuan fax.
 PABX modern bahkan dapat diprogram dengan sistem komputer untuk melacak setiap telepon masuk dan telepon keluar. Sistem ini bahkan bisa diatur siapa saja yang boleh melakukan hubungan telepon ke tujuan tertentu. PABX juga bisa digunakan untuk mengetahui penggunaan telepon karyawan yang tidak semestinya.
 PABX juga dapat digunakan sebagai Auto Attendant, yaitu fitur yang mengarahkan penelepon masuk ke tujuan tertentu secara otomatis. Fitur ini terutama sangat cocok untuk bisnis skala besar yang selalu menerima telepon masuk dalam jumlah besar setiap harinya. Anda juga dapat melakukan conference call menggunakan PABX.

Jenis – Jenis PABX


Jenis – jenis PABX dapat dibagi menjadi 2, yaitu PABX Non ISDN dan PABX ISDN. Anggota dari sebuah PABX dapat dibagi kedalam group-group dimana dalam satu group maksimal terdapat 1000 member. Ide dasar ISDN adalah penyatuan seluruh service ke dalam satu jaringan yang mampu menyediakan service yang diharapkan pelanggan, dimana untuk kemudahan akses dan mendukung seluruh tipe terminal dari pabrik yang berbeda digunakan interface akses yang standard untuk keperluan seluruh akses yang digunakan. Ide tersebut didasari pada kenyataan bahwa jaringan konvensional saat ini tidak efektif dan efisien, terutama untuk penyediaan service baru dan permintaan hubungan komunikasi digital yang semakin meningkat. ISDN merupakan pengembangan dari suatu jaringan telepon IDN yang menyediakan hubungan digital dari suatu pelanggan ke ujung pelangggan yang lain secara digital (end-to-end digital connectivity) untuk proses transformasi informasi dalam bentuk suara, data, dan gambar. Dengan kata lain Isdn mreupakan suatu jaringan digital yang mampu memberikan berbagai macam layanan jasa telekomunikasi melalui suatu interface serba guna yag berlaku di seluruh dunia. Sebelum adanya ISDN pelayanan jasa telekomunikasi dilaksanakan melalui berbagai jaringan khusus yang masing-masing hanya mampu menyediakan sekelompokjasa telekomunikasi tertentu


Tipe dan jenis

PABX DIGITAL
Adalah PABX yang mempunyai output atau extention berupa data digital. untuk PABX jenis ini data digital perlu dikonversikan dengan pesawat telepon khusus untuk dapat menjadi suara. tiap-tiap merk mempunyai konversi digital yang berbeda dengan nama dan istilah berbeda juga. contoh Merk Panasonic menyebutnya key telephone, Digital phone. NEC menyebutnya multi line terminal.


PABX ANALOG
Adalah PABX yang mempunyai output analog atau extentionnya berupa sinyal analog, karena menggunakan sinyal analog maka tidak perlu pesawat telepon khusus. Pesawat telepon ini sama seperti yang digunakan dirumah yang dihubungkan PSTN dalam istilah disebut Singgle Line Telephone (SLT).

PABX Hybrid
Adalah PABX gabungan antara dua sistem diatas. Oleh karena itu sistem ini mempunyai 4 cable(2pair-1 pair analog 1 pair digital) pada setiap outputnya

4. Ip Pbx Adalah PABX yang hanya mengunakan protocol Ip untuk interconneksi ke pesawat pesawatnya. PABX IP mengunakan RJ45 untuk conneksinya

Fitur dan layanan PABX

  • Automatic Route Selection
  • Account Code
  • Absen Message
  • Back Ground Music
  • Budget Management
  • Busy On Busy
  • Class Of Service
  • Call Park
  • Call Forward
  • Call Transfer
  • Call Pick Up
  • Data Line Security
  • Delayed Ringing
  • Ext Lock
  • Emergency Call
  • External BGM
  • Flexible Numbering
  • Greeting Message
  • Hunting Groups
  • Incoming Groups
  • Hunting Groups
  • Line Monitor
  • Manager Function
  • Paging Groups
  • SMDR

Interkoneksi PABX

Pengertian interkoneksi pabx adalah, gabungan 2 atau lebih pabx menjadi satu system kesatuan. Fungsinya untuk penghematan biaya, contohnya jika sebuah perusahaan memiliki kantor pusat dan cabang, yang mungkin cabang - cabang tersebut berada jauh di luar kota bahkan luar negri sekalipun. Dengan di satukannya system pabx, maka untuk menghubungi cabang melalui telpon tidak memerlukan biaya pulsa, cukup komunikasi internal saja.
Interconeksi antara 2 Pabx atau Lebih ada bebarapa Cara : 1. Interconneksi melalui jaringan Network yang di sebut dengan Conneksi IP 2. Interconneksi melalui system Tandem yaitu korban line co dan korban extension. 3. Interconneksi biasanya menggunakan System VPN .

Merk Dan Type PABX

1.      Panasonic :
- A Series ( A 512 , A 1232, A3264 )Sudah tidak keluar atau tidak ada yang baru.
- HB Series ( HB 308, HB 616, HB 1232 )New Series
- HT Series ( TEB 308, TES 824, TEM 824 )New Series
- HT Series GARANSI ( TEB308 , TES 824 ) New Series
- TA Series ( TA 308, TA
- VB9 Series ( VB9250, VB9350 ) Old Series
- TDN Series ( TDN 1232 , TDN824 )Old Series
- TD 500 Series Old Series
- XH Series Old Series
- TDA Series ( TDA 100 D, TDA 100, TDA 200, TDA 600 ) New Series
- TDE Series ( TDE 100, TDE 200, TDE 600 ) New Series
- DBS Series Old Series
- NCP Series New IP PABX Series
- NS 1000 Series New IP PABX Series
2. NEC :
- Neax Series
- Ips Series
- Aspila Topaz
- Aspila Ex
- SL 1000 Resmi
- SV 8100 Resmi
- SV 8300 Black Market
- SV 8500 Black Market

3. Toshiba : No Rekomen
4. Samsung : No Rekomen
5. Nitsuko : TX 308 No Rekomen
6. MULAI TAHUN 2013 PABX LG-ERICCSON sudah berganti nama Menjadi : ERICSSON-LG
- Aria Soho
- iPECS MG
- iPECS LIK

7. Avaya : IP Office 500
8. Lucent : No Rekomen
9. Philips : No Rekomen
10. Transtel : No Rekomen
- TDS 600 Series( TDS 160 , TDS 320 , TDS 640 , TDS 1280 ) alasannya : " MILIK PRIBADI tidak ada Support dari Transtel ( Barang semua Rekondisi "
11. Siemens :
- Hipath Series ( Hipath 1120, 1150, 1190, 3500, 3500, 3800, 4000 )
12. Alcatel - Lucent : No Rekomen
- Oxo Lite 32
- Oxo Lite 48










Perbedaan pbx dan pabx



PBX
sistem telepon yang lengkap yang menyediakan panggilan telepon melalui jaringan data IP. Semua percakapan akan dikirim sebagai paket data melalui jaringan. Teknologi ini mencakup fitur-fitur komunikasi canggih, tetapi juga memberikan keleluasaan dalam pengembangan (expansi) dan keawetan yang diinginkan semua perusahaan.
Perusahaan tidak perlu mengganggu/mengubah infrastruktur komunikasi eksternal yang ada: Sebuah IP PBX dapat terhubung ke jalur PSTN tradisional melalui gateway VOIP – sehingga perusahaan dapat tetap menggunakan nomor telepon reguler
sedangkan PABX
PABX
PABX kepanjangan dari Private Automatic Branch eXchange yaitu perangkat yang berfungsi sebagai Pemusatan telepon, dalam suatu lokasi tertentu, misalnya : kantor, gedung, perumahan, dll.
Perangkat PABX ini yang mengatur panggilan yang masuk serta meneruskan panggilan ke nomor tujuannya, sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penggilan ke nomer tujuan, cukup dengan menekan nomor tujuan nya (nomor extension atau nomer rumah).
Sistem PABX memiliki beberapa/ banyak sambungan kabel yang mengarah pada sebuah switchboard. Itulah sebabnya mengapa ada istilah "branch" dalam kepanjangan PABX, karena "branch" atau cabang ini mengacu kepada banyaknya sambungan yang dihubungkan ke PABX. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di kantor.

1 komentar: